memilih laptop untuk mahasiswa baru

Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Baru

by

in

Halo semuanya, adakah diantara kalian yang baru akan masuk kuliah alias maba? Tentu ketika hendak menjadi mahasiswa untuk pertama kalinya, kamu menginginkan untuk mempunyai laptop yang mudah dibawa kemana pun. Ini akan memudahkan mu dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan dosen, sehingga tidak perlu meminjam laptop teman, atau ke warnet.

Jika kamu ingin mencari atau membeli laptop baru untuk keperluan kuliah, jangan sampai salah memilih laptop. Tidak perlu membeli laptop yang super mahal apabila memang tidak benar-benar diperlukan. Juga jangan sampai membeli laptop dengan spek terlalu rendah karena harga murah, padahal untuk jurusan kuliahmu menuntut spek laptop yang tidak sembarangan.

Untuk itu, berikut ini IFrame Laptop berikan tipsnya, agar kamu tidak salah pilih laptop ketika menjadi mahasiswa baru.

1. Perhatikan Kebutuhan Kuliah

Sebelum menentukan laptop mana yang kamu beli, pastikan kamu memahami kebutuhan kuliahmu. Terutama berkaitan dengan jurusan dan program studi yang kamu pilih. Jika program studi yang kamu pilih adalah arsitek, atau lainnya yang membutuhkan laptop spesifikasi tinggi, maka kamu juga harus siap dengan dananya. Karena sewajarnya laptop dengan spesifikasi tinggi akan dihargai lebih mahal. Namun jika program studi mu tidak menuntuk spesifikasi laptop tinggi, dan kebutuhan mu hanya sebatas mengerjakan tugas laporan saja, kamu bisa membeli laptop dengan harga yang lebih murah.

2. Budget Yang Dianggarkan

Yang kedua, kamu perlu menganggarkan dana untuk membeli laptop. Sesuai dengan tips yang pertama tadi, laptop spesifikasi apa yang kamu butuhkan. Jika kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi, namun dengan budget yang terbatas, kamu bisa memilih laptop-laptop yang berspesifikasi tinggi, namun dengan harga yang agak miring. Biasanya laptop seperti ini mengorbankan beberapa komponen untuk menekan harga. Diantaranya material bodi, jenis layar LED, speaker, dan lain sebagainya yang tidak terlalu mempengaruhi performa mesin.

3. Bobot

Sebagai mahasiswa yang aktivitasnya sangat mobile, tentu memilih bobot laptop yang ringan sangatlah penting. Bobot laptop yang ringan akan lebih nyaman ketika kamu bawa kemana-mana. Apalagi selain laptop, banyak buku dan barang lain yang kamu bawa. Itu akan sangat membantu.

4. Daya Tahan Baterai

Ini juga penting, semakin mempunyai daya tahan baterai yang baik, sebuah laptop akan lebih baik untuk mahasiswa. Karena kita biasanya akan mengerjakan tugas dimana pun kita mau, bisa di kos, perpustakaan, warung, cafe, atau tempat lainnya yang belum tentu menyediakan tempat mengisi daya.

5. Storage, RAM, Grafik Card, Prosesor

Storage yang besar sangat bermanfaat untuk menyimpan segala file yang kamu inginkan. RAM yang besar akan sangat berguna apabila kamu membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, atau kamu sedang menggunakan aplikasi yang berat. Untuk mengedit grafis, dan file video, maka grafik card dan prosesor dengan performa yang bagus sangat kamu butuhkan.