5 Tips Agar Macbook Mu Tahan Lama Tidak Gampang Rusak

cara merawat macbook

Macbook ialah salah satu produk dari jajaran ekosistem Apple Inc. Macbook ini adalah jenis device laptop. Yang menjadi perbedaan dari laptop ber-OS windows antara lain, macbook punya sesuatu yang lain untuk ditawarkan. Menggunakan OS Macintosh menjadikan macbook relatif lebih bertenaga dan lebih mulus kinerjanya dibanding OS Windows. 

Ditambah lagi, Apple membuatnya eksklusif dan menjadi dambaan banyak orang. Kita tidak bisa menganggap remeh ekosistem yang ditawarkan Apple. Dimana semua bisa terkoneksi antara macbook, iphone, iwatch, apple TV, dll. 

Harga device Macbook memang dikenal mahal. Maka dari itu, jika kita telah mempunyainya, perlu perawatan yang benar agar tahan lama. Apakah kamu menggunakan Macbook? Apabila iya, maka beberapa tips merawat Macbook berikut ini bisa sangat bermanfaat. 

1. Jaga suhu macbook

Menurut situs resmi apple.com, macbook akan mengeluarkan kinerja terbaiknya apabila berada pada rentang suhu 10 derajat celsius hingga 35 derajat celsius. Memakai macbook dalam ruangan ber-AC dapat membantu menjaga kestabilan suhu macbook. Apabila tidak memungkinkan diruangan ber-AC, kamu juga bisa menggunakan kipas tambahan (cooling pad) sehingga panas pada macbook dapat lebih mudah terbuang.

2. Rutin membersihkan macbook

Dimulai dari bagian paling mudah, yaitu bagian bodi luarnya. Terutama pada bagian keyboard dan layar. Bersihkan kotoran dan debu di keyboard agar tidak sampai masuk bagian dalam laptop. Jika sudah masuk ke dalam, akan susah membersihkannya. 

3. Tahu kapan macbook harus di-shutdown atau di-sleep

Apakah kamu tahu, macbook memiliki fitur Power Nap yang membuat laptop tetap bisa ter-update meskipun dalam kondisi tidur. Ini yang membuat kita lebih sering memilih mode sleep daripada mode shutdown

Perlu kamu ketahui, laptop itu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Sementara apabila masih dalam kondisi sleep beberapa part masih ada yang aktif. Nah, lebih baik apabila laptop tidak digunakan dalam waktu yang lumayan lama, pilihlah mode shutdown saja agar semua komponennya bisa beristirahat.

4. Jaga macbook dari cipratan air atau makanan

Bagaimana cara mu menggunakan macbook sehari-hari juga perlu diperhatikan. Alangkah lebih baik tidak menggunakan macbook di dekat air, minuman, atau makanan. Sebab jika benda-benda seperti itu mengenai laptop, apalagi sampai masuk kedalam komponen, dapat mengakibatkan komponen-komponennya terganggu. 

5. Tambahkan aksesoris pendukung

Aksesoris pendukung yang dimaksudkan bisa berupa benda-benda seperti hardcase, screen guard, pelindung keyboard, dan lain sebagainya. Aksesoris-aksesoris ini akan mendukung mu dalam melindungi laptop. Sehingga laptopmu dapat lebih awet dan bisa dipakai jangka panjang.