Bisa Fatal! Penyebab VGA Rusak Sering Terjadi, Nomor 1 Overheating!

Cara Mengatasi Laptop Ngeblank Dengan Mudah

by

in

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara mengatasi laptop ngeblank? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang cara mengatasi laptop ngeblank.

Layar laptop tiba-tiba menjadi hitam saat dihidupkan, pasti membingungkan kita. Selanjutnya, hal tersebut terjadi bersamaan dengan hard drive atau suara kipas, yang masih terdengan ketika tombol power ditekan. Kondisi ini dapat disebut sebagai layar kosong atau blank. Ketika Anda berada dalam kasus seperti itu, laptop Anda pastinya tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Tapi jangan khawatir, karena situasi seperti itu dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut ini cara mengatasi laptop ngeblank yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengatasi Laptop Ngeblank

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam cara mengatasi laptop ngeblank:

1. Lepas Lalu Bersihkan RAM

Hal yang dapat mnejadi penyebab layar laptop mengalami blank atau black screen mungkin salah satu sebabnya lantaran terdapat kasus dalam RAM yang masih ada dalam perangkat Anda. Kemungkinan terburuk menurut permaslaahan RAM tadi yang membuatnya menampilkan layar hitam atau blank dalam laptop yaitu lantaran mengalami kerusakan yang membuatnya wajib pada ganti menggunakan RAM yang baru.

Namun tidak hanya itu, umumnya juga yang mengakibatkan layar dalam laptop sebagai blank yaitu lantaran pin dalam komponen RAM tadi kotor serta dalam pemasangan RAM tadi tidak sempurna. Maka menurut itu, hal pertama yang wajib Anda lakukan artinya Anda wajib melepaskan terlebih dahulu RAM yang terpasang pada perangkat laptop Anda. apabila sudah, maka Anda bisa membersihkan RAM tadi.

Anda sanggup memakai kuas yang higienis dan kering. Dan bila Anda tidak mempunyai kuas, maka Anda bisa memakai penghapus pensil buat bisa membersihkan pin dalam komponen RAM tadi. Jika pin RAM tadi sudah pada bersihkan, maka Anda bisa memasangkan kembali RAM tadi ke slot mainboard dalam laptop Anda. Anda juga wajib memastikan mendengar suara KLIK dalam waktu memasangkan RAM tadi ke slot Mainboard. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan listrik statis pada RAM.

2. Setting Default BIOS

Saat layar laptop menjadi hitam, kita tentu tidak bisa melakukan apa-apa di laptop. Karena kita memiliki akses ke sistem komputer dan memperbaiki masalah yang terjadi, salah satu cara untuk memperbaiki masalah tersebut adalah kita dapat mengatur ulang pengaturan BIOS ke pengaturan default.

Tentang cara masuk ke BIOS silahkan sesuaikan dengan merk laptop Anda, namun biasanya hanya dengan cara menekan tombol F2, F12, maupun delete. Ketika Anda sudah masuk pada BIOS selanjutnya Anda dapat mencari fitur default, kemudian save & exit.

3. Perhatikan Overheat Suhu Laptop

Jika Anda pernah menggunakan laptop dan tiba-tiba laptop mati, bisa dipastikan laptop Anda mengalami overheat. Jadi, untuk mengatasi panas berlebih, Anda perlu menangguhkan laptop selama beberapa jam hingga semua komponen laptop menjadi dingin dan dapat berfungsi kembali dengan baik. Hal yang terbaik adalah memeriksa komponen laptop Anda dari banyak debu, terutama pada kipas laptop Anda.

4. Cek Fleksibel Layar Laptop

Tahukah Anda bahwa kabel flex laptop mudah rusak? Apalagi jika Anda sering salah membuka dan menutup layar laptop. Untuk memeriksa apakah kabel flex rusak, Anda dapat mencoba dengan menghubungkan laptop ke monitor eksternal.

Jika monitor dapat menampilkan teks atau gambar saat dipasangkan dengan laptop, berarti kerusakan pasti ada pada kabel flex laptop Anda. Solusinya adalah Anda perlu mengganti kabel flex yang disertakan dengan laptop Anda.

5. Instal Ulang Windows

Jika beberapa cara mengatasi laptop ngeblank di atas tidak dapat berefek, Anda dapat menginstal ulang Windows. Menginstal ulang Windows adalah cara yang sangat efektif untuk membuat laptop Anda kembali normal.

Karena pada saat penginstalan ulang, file sistem yang rusak dapat dihapus seluruhnya dan kemudian diganti dengan yang baru. Hal inilah yang membuat laptop kembali normal. Anda dapat mengikuti petunjuk untuk menginstal ulang Windows berdasarkan versi, seperti 7, 8, 10, hingga 11.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi laptop ngeblank, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara mengatasi laptop ngeblank, bermanfaat bagi Anda. Jika Anda masih kekurangan dana untuk membeli suatu unit laptop, pastikan Anda menyewa laptop di I-Frame, sebab I-Frame merupakan jasa rental laptop Jogja terbaik. Sehingga Anda akan mendapatkan barang dan pelayanan yang terbaik dalam penyewaan laptop yang Anda butuhkan.

Jasa Rental Laptop Jogja dan Sekitarnya

Bagi Anda yang ingin menyewa laptop dari berbagai brand dan tipe, Anda dapat mengunjungi I-Frame. I-Frame menawarkan jasa rental laptop Jogja dan sekitarnya. Bagi Anda yang ingin menyewa laptop, PC atau printer di area Jogja, Anda dapat menghubungi jasa rental Laptop Jogja I-Frame. I-Frame menyediakan jasa sewa laptop, PC dan printer baik untuk keperluan pribadi atau event tertentu. Laptop, printer dan PC yang tersedia sangat beragam. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir akan laptop atau PC yang lemot dan tidak update. I-Frame menyediakan laptop yang bebas virus dan tentunya anti lemot. Anda dapat menyewa PC atau Laptop berbagai brand di jasa rental Laptop Jogja I-Frame. Yuk kunjungi I-Frame sekarang juga!

Have A Nice Day 😊