IFRAME LAPTOP & PC | Sewa Laptop Untuk Kantor Jogja | HUB 0812-1133-2911

Amankah Membeli GPU Bekas Mining Cryptocurrency?

Amankah Membeli GPU Bekas Mining Cryptocurrency?

Dengan pasar cryptocurrency yang baru-baru ini jatuh karena ketidakstabilan, dan langkah Ethereum untuk menjadi proof-of-stake (dalam pembicaraan sederhana, ini berarti mereka tidak perlu menggunakan GPU untuk menambang lagi), penambang cryptocurrency sekali lagi menjual GPU berharga mereka , beberapa dengan harga yang sangat rendah.

Tidak diragukan lagi, pertanyaan yang akan muncul di benak Anda ketika ada kesepakatan barang bekas yang tak tertahankan untuk RTX 3080 yang Anda dambakan adalah: “Apakah aman untuk membeli GPU bekas Mining kripto?”

Untuk mempersingkat jawabannya, ya.

Ya, tidak ada bedanya dengan membeli GPU bekas yang digunakan untuk gaming atau workstation.

Yang berarti mengatakan bahwa hal-hal yang perlu Anda perhatikan, adalah hal yang sama yang harus Anda perhatikan saat membeli GPU bekas.

Di permukaan, keausan pada GPU penambangan tidak berbeda dengan GPU yang digunakan untuk tujuan ‘normal’ seperti bermain game.

Beberapa bahkan mungkin berpendapat bahwa penambangan bahkan tidak seintensif beban kerja berat seperti merender objek 3d dan pengkodean algoritmik intensif.

Faktanya, GPU yang digunakan untuk menambang tidak berjalan dengan daya penuh sepanjang waktu, dan dijalankan dengan konsumsi daya paling minimal.

Penambang biasanya akan melakukan underclock dan undervolt pada kartu-kartu ini agar tidak memakan banyak daya.

Ingat, penambang mencari uang, jadi semakin banyak daya yang dikonsumsi kartu, semakin tinggi pengeluaran untuk penambang.

Penambangan juga menggunakan memori pada GPU lebih banyak daripada GPU itu sendiri.

Bagi para gamer atau developer, VRAM hanya digunakan untuk menyimpan tekstur dan file yang dibutuhkan untuk aplikasi yang mereka gunakan. Bahkan dalam kondisi penambangan yang paling menegangkan, keausan pada VRAM tidak akan pernah memengaruhi fungsionalitas dasar untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

Anda dapat dengan tenang mengetahui bahwa tidak ada perbedaan fungsionalitas saat Anda membandingkan GPU penambangan bekas dengan GPU yang hanya digunakan untuk bermain game.

Tetapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya, hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah hal-hal yang tetap harus Anda perhatikan saat membeli GPU bekas.

Periksa garansi

Jika Anda membeli GPU bekas, terserah Anda apakah Anda ingin membeli yang masih dalam masa garansi. Umumnya, tentu saja, lebih aman untuk mendapatkan garansi untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.

Sebagian besar seri RTX 30 dan GPU seri Radeon 60 harus memiliki setidaknya satu hingga dua tahun garansi yang tersisa pada saat ini, kecuali jika dibeli di luar negeri.

Saat membeli GPU bekas, pastikan stiker garansi masih utuh di GPU jika Anda tinggal di Asia Tenggara.

Sebagian besar distributor akan menolak garansi penggantian atau perbaikan jika stiker telah dirusak.

Jangan khawatir tentang noda eksternal

Dengan penggunaan, produk apa pun akan menunjukkan kegunaannya seiring waktu.

Komponen utama GPU sebagian besar berada di bawah heatsink yang tebal. Satu-satunya cara Anda bisa mendapatkannya adalah dengan merobek GPU.

Selama itu tidak dirusak, cacat fisik pada heatsink GPU biasanya boleh diabaikan, terutama bagian yang sedikit teroksidasi. Itu tidak mempengaruhi fungsionalitas GPU sama sekali.

Kecuali ada kerusakan parah pada sirip heatsink atau kipas, GPU akan baik-baik saja. Namun, jika Anda menemukan GPU yang berdebu, bersihkan dengan penyedot debu atau blower sebelum memasukkannya ke PC Anda.

Cara mengatasi panas panas

Jika karena alasan tertentu, Anda mengalami suhu tinggi pada GPU bekas, Anda mungkin perlu mengganti pasta termal dan bantalan termal kartu grafis Anda.

Anda harus melepas unit pendingin GPU dan memeriksa apakah pasta termal telah mengering, dan apakah bantalan termal masih bersentuhan dengan komponen GPU.

Secara keseluruhan, sama sekali tidak ada kerugian besar untuk membeli GPU yang digunakan untuk menambang.

Pastikan Anda melakukan uji tuntas untuk meneliti beberapa hal saat membeli segala jenis GPU bekas – masa garansi, periode penggunaan, dan segala jenis keanehan yang ada di GPU bekas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Amankah Membeli GPU Bekas Mining Cryptocurrency?. Semoga informasi yang kami sampaikan tentang Amankah Membeli GPU Bekas Mining Cryptocurrency?, bermanfaat bagi Anda. Jika Anda masih kekurangan dana untuk membeli suatu unit laptop, pastikan Anda menyewa laptop di I-Frame, sebab IFrame merupakan jasa rental laptop Jogja terbaik. Sehingga Anda akan mendapatkan barang dan pelayanan yang terbaik dalam penyewaan laptop yang Anda butuhkan.